Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bisa memberikan manfaat kepada manusia lain

Senin, 06 September 2010

Aku Ingin

Kemukus kabarkan lewat mendung di suatu malam
Kata kakek, “Akan ada bencana besar, Cucu,”
Hanya yang jadi pertanyaan bahaya besar apa?
Mungkinkah kepemimpinan di negeri ini yang terus digoyang
Ataukah dasyat bencana alam akan terulang

“Jangan dulu!” kataku
Negeriku masih berbenah
Negeriku masih bersolek
Menata wajahnya yang masih carut marut
Oleh kekeringan
Kelaparan
Banjir bandang
Dan krisis kepemimpnan

Berikan waktu agar proses yang dijalani negeriku
Tuntas
Jangan kau putus di tengah jalan

Kasihan anak kecil berkaleng kecil
Yang setiap hari berteriak meminta belas kasihan
Kasihan para gelandangan yang mencari tempat berlindung dari kejaran satpol PP
Kasihan mereka yang berebut setiap ada pembagian zakat dan sembako

Aku ingin mereka merasakan
Cita yang mereka inginkan tercapai
Anak-anak tersenyum ceria
Bermain jernih air dan bermain gasing
Aku ingin mereka tinggal di apartemen berfasilitas layak
Seperti mereka yang merasakannya kini

Aku ingin
Mereka tersenyum berbalut merah putih berkibar di jagad raya
Dengan kobar semangat yang tak pernah pudar

Aku ingin keretakan dalam negeri ini
Dapat terkait
Dalam persatuan dan kesatuan
Menjaga martabat dan harga diri bangsa

Teruskah kita terbenam dalam Lumpur penderitaan
Sementara luas wilayah kita terbentang
Dari Sabang sampai Merauke

Aku ingin hidup layak
Di atas bumi negeriku sendiri
Karena hujan batu di negeri sendiri
Lebih kupilih daripada
hujan emas di negeri orang

Aku ingin negeri ini memperlakukan rakyat
Sebagai penduduk pribumi
Jangan perlakukan mereka seperti orang asing
Mereka berhak mengecap sebutir nasi
Yang dihasilkan dari bumi ini
Mereka berhak meminum jernih
Air dari tanah yang subur ini

Aku ingin
Hanya ingin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar